Friday, April 12, 2013

Tips Memilih Jasa Layanan Asuransi Kesehatan

Jasa Asuransi Kesehatan
Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam hidup. Apa jadinya jika kita diberikan panjang umur tapi dengan kondisi tidak sehat. Maka menjaga kesehatan menjadi wajib hukumnya. Namun tidak mungkin kita akan sehat selamanya, yang namanya orang hidup pasti suatu saat akan sakit.

Nah, masalahnya adalah kita tidak tahu kapan penyakit itu akan datang. Karena itulah banyak sekarang ini bermunculan berbagai layanan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan adalah sebuah jenis produk asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Secara garis besar ada dua jenis perawatan yang ditawarkan perusahaan-perusahaan asuransi, yaitu rawat inap (in-patient treatment) dan rawat jalan (out-patient treatment).

Banyaknya layanan asuransi kesehatan, membuat kita dituntut untuk lebih jeli dalam memilih jasa asuransi. Berikut ini beberapa tips dalam memilih Jasa Asuransi Kesehatan:

1. Reputasi perusahaan asuransi

Sebelum menjatuhkan pilihan pada perusahaan asuransi kesehatan tertentu, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu reputasi perusahaan itu. Cari rujukan yang objektif sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Jangan sampai kita mengalami bayar premi gampang, tapi untuk mendapatkan klaim susahnya bukan main. Layanan buruk macam ini sudah jamak dialami nasabah perusahaan asuransi tertentu.

2. Fasilitas yang diberikan

Selalu membandingkan fasilitas yang diberikan satu perusahaan asuransi dengan perusahaan asuransi lainnya. Dengan angka premi yang sama, apa yang dapat diberikan oleh perusahaan asuransi? Apakah nilai klaim yang diberikan wajar atau tidak?

3. Kebutuhan layanan kesehatan

Jangan terlalu pelit dengan memilih premi yang paling kecil. Soalnya, nilai premi sangat mempengaruhi fasilitas yang diberikan. Bila Anda terbiasa dengan layanan kelas 1, enggak mungkin dong kita berharap dari premi Rp 100.000,- per bulan. Betul 'kan?

4. Jaringan pelayanan perawatan

Yang termasuk jaringan pelayanan perawatan ini di antaranya adalah rumah sakit rujukan dan kantor pelayanan. Pilihlah yang memiliki jaringan tersebar cukup luas atau minimal yang memiliki call center. Sebab, kita tidak tahu kapan dan di mana kita atau keluarga kita jatuh sakit. Dengan jaringan pelayanan yang luas, di mana pun kita sakit, kita akan mendapatkan pelayanan perawatan yang sesuai. Kalau sakitnya di Cirebon, kita tak perlu harus dibawa ke Jakarta untuk dirawat di rumah sakit rujukan dari perusahaan asuransi yang kita pilih.

5. Layanan Klaim

Pilihlah perusahaan asuransi yang dapat menerima klaim dari mana saja dan bukan hanya menerima klaim rumah sakit rujukan. Ini penting, karena akan memudahkan kita mendapatkan perawatan di mana saja. Kalau berada jauh dari rumah sakit rujukan, kita bisa masuk ke rumah sakit yang tidak menjadi rujukan. Ketika terpaksa berobat ke luar negeri pun bisa mendapat layanan klaim. So, carilah perusahaan asuransi yang dapat menutup hal itu.

Semoga beberapa tips dalam memilih layanan asuransi kesehatan di atas dapat membantu bagi anda yang membutuhkan informasi ini. Jangan lupa jaga selalu kesehatan anda dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

No comments:

Post a Comment